Apa Itu Anime Batch? [Ini Penjelasan Lengkapnya]

Ini merupakan salah satu pertanyaan yang ditanyakan oleh beberapa orang di grup fb, salah satu pertanyaan yang sebenarnya sudah terjawab seketika ketika mereka bertanya.

Tapi kalau misal kamu engga nanya di grup fb, dan search di google tentang apa itu anime batch? maka saya akan dengan senang hati menjelaskannya.

Artikel ini merupakan salah satu rentetan artikel yang mengupas tentang beberapa pertanyaan umum, dan terakhir kali saya membahas tentang “Apa Yang Dimaksud Anime BD”.

Mari Kita Mulai!


Tentang batch, sebenarnya saya tidak yakin berasal dari mana istilah ini, namun sebenarnya kalau kamu belum tahu ada beberapa file yang punya ekstensi .bat atau batch.

Kemarin saya juga sempet download salah satu file jenis ini saat mendownload salah satu game lawas yang dulu terkenal.

Dari sini saya mulai berpikir mungkin ini awal mulai dari sitilah Batch.

Di Dunia Download Online


Banyak blog seperti Juragan Anime, Anibatch, Wibudesu dan lain-lain menjadi spesialisasi anime batch, namun saat di download file itu bukan berekstensi .bat atau batch melainkan file rar.

Hal ini karena memang pengertian file batch berbeda dengan pengertian yang beredar di dunia online.

Di dunia online sendiri pengertian batch adalah sekumpulan file yang berada dalam satu file .rar, normlanya untuk anime berisi seluruh episode dari sebuah seri.

Singkatnya sebuah file paket yang berisi seluruh episode dari sebuah judul anime, itulah “Anime Batch”.

Tapi kalau pengertian resminya mungkin begini, saya kutip dari salah satu blog yang menjelaskan tentang apa itu batch film.

“Batch itu adalah sebuah file yang isinya berisi kumpulan film atau anime yang awalnya terbagi di beberapa link download (link satuan), yang kemudian di satukan menjadi sebuah file .rar .zip (atau ekstensi lain yang jenisnya sama), dan fungsinya adalah untuk mempermudah orang-orang yang ingin download”.

Itu...


Sebenarnya saya berusaha untuk membuat artikel ini sepanjang mungkin, namun topik ini tidak mungkin bisa diperpanjang lagi, jadi untuk sekarang sebenarnya mau tidak mau saya harus mengakhiri artikel ini.

Tapi tidak jadi ah...


Saya tidak mau artikel ini jadi terlalu pendek, kalau kamu sudah mengerti dengan apa itu anime batch kamu bisa saja langsung pergi dari artikel ini, karena sekarang saya mau cerita pengalaman saya tentang dunia batch anime.

Kamu pernah kepikiran ga sih bagaimana cara para batcher (sebutan saya kepada orang yang hobi nge-batch anime) melakukan pekerjannya?

Mungkin kamu akan berpikir kalau para batcher ini mendownload satu persatu anime ke komputer mereka masing-masing kemudian (melakukan encode) dan setelah itu menyatukannya dalam satu file .rar atau .zip setelah itu di upload.

Kamu juga mungkin akan berpikir kalau mereka semua pasti menggunakan layanan internet yang super kenceng, dan komputer spek tinggi untuk bisa encode banyak episode.

Sebenernya tidak semua batcher begitu.

Orang yang punya internet dengan speed normal yang 3g + komputer spek normal bisa jadi seorang bathcer, itulah alasannya kenapa akhir-akhir ini banyak blog yang spesifikasinya untuk batch anime.

Jadi Gimana caranya?


Ada beberapa diantara mereka yang menggunakan layanan yang namanya RDP (Remote Dekstop Connection), kalau kamu sekarang sedang online di laptop yang OS’nya windows kamu bisa search di komputer kamu aplikasi yang namanya RDP ini.

Apa itu RDP? Yah ... kalau mau lengkapnya bisa cek di wikipedia, cuman saya akan jelaskan secara singkat.

RDP itu bisa dibilang sebagai komputer virtual, normalnya server RDP berada di luar negeri dan terhubung dengan internet yang koneksinya sangat cepat.

Kalau dibayangin, mungkin seperti mengoperasikan komputer yang berada di luar negeri.

Nah, dengan menggunakan jaringan internet di luar negeri maka mereka bisa dengan cepat mendownload dan mengupload file batch anime.

Dulu saya pernah coba, untuk download sebuah file yang ukurannya 6gb hanya dibutuhkan waktu sekitar 3 menitan, untuk upload biasanya tergantung file host-nya tapi normalnya tidak lebih lama dari 30 menit.

RDP biasa tidak boleh melakukan encode video namun ada beberapa RDP khusus yang membolehkan untuk melakukan encode video.

Server RDP biasanya juga punya spek yang tinggi, jadi encode video tidak akan memakan waktu yang terlalu lama (saya belum coba juga RDP untuk encode ini).

Nah, dengan memanfaatkan RDP ini, pekerjaan para Batcher bisa diselesaikan dengan lebih mudah dan dengan cepat.

Udah ah...


Saya di artikel ini cuman pengen jelasin apa itu anime batch, hanya saja malah jelasin banyak hal sebenarnya tidak terlalu penting.

Semua itu saya lakukan hanya untuk memperpanjang artikel ini .

http://www.yuslogs.com/2017/02/apa-itu-anime-batch.html
Previous
Next Post »
Thanks for your comment